Oleh: budiyana | November 27, 2007

STATISTIK SOAL PILIHAN GANDA DAN CONTOH SOAL ESAY UPA

Setelah mencermati soal UPA sebelumnya (soal UPA 2004), dapat diketahui statistis soal untuk masing-masing materi uji sebagai berikut:

1. Peran dan Fungsi Organisasi Advokat : 10 soal

2. Kode Etik Advokat Indonesia : 20 Soal

3. Hukum Acara Perdata : 30 soal

4. Hukum Acara Pidana : 30 Soal

5. Hukum Acara Pidana : 30 Soal

6. Hukum Acara Peradilan Agama : 10 Soal

7. Hukum Acara PHI : 10 Soal

8. Hukum Acara TUN : 10 Soal

Dengan demikian total soal sebanyak 120 soal. Hukum Acara Perdata dan Pidana bila kita bisa jawab benar semua berarti kita sudah mendapat 60 soal benar,,,lumayankan???

Untuk Soal Essay mungkin saya punya contohnya sebagai berikut:

Kasus Posisi

Pada tanggal 5 Januari 2003, PT Angin Laut berkedudukan di…..membuat Perjanjian Kredit Nomor 1 dengan PT Bank Cari Aman (“Bank”)yang berkedudukan di….Dalam Perjanjian Kredit tersebut diperjanjikan bahwa Bank akan memberikan pinjaman kepada PT Angin Laut sebesar 30 miliar rupiah dengan jangka waktu pengembalian selama 5 tahun.

Adapun untuk kepentingan Perjanjian Kredit tersebut PT Angin Laut memberikan jaminan berupa sebidang tanah Hak Milik yang terletak di……yang terdaftar atas nama…yang bertempat tinggal di….,juga diberikan jaminan lain berupa saham-saham yang dimiliki oleh pemegang saham PT Angin Laut serta jaminan pribadi dari para pemegang saham PT Angin Laut

Bahwa pada tanggal 5 Februari 2003, Bank telah menyerahkan pinjaman sebesar 30 miliar rupiah tersebut kepada PT Angin Laut dan terhitung sejak 1 bulan berikutnya PT Angin Laut berkewajiban untuk melakukan pembayaran secara angsuran kepada Bank sebesar 500juta rupiah per bulan.

Bahwa ternyata setelah berjalan 2,5 tahun, PT Angin Laut mulai tidak lancar melakukan pembayaran atas fasilitas tersebut dan bahkan pada tahun ke-3 yaitu pada bulan Juli 2005, PT Angin Laut sama sekali tidak melakukan pembayaran padahal PT Angin masih memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran kepada Bank sebesar 14 miliar rupiah.

Berkenaan dengan tindakan PT Angin Laut tersebut, maka Pihak Bank telah beberapa kali mengirimkan surat untuk mengingatkan dan meminta PT Angin Laut segera melakukan pembayaran. Namun kenyataannya PT Angin Laut tidak juga melakukan kewajibannya tersebut. Oleh karena itu Bank berkeinginan untuk melakukan upaya hukum.

Pilih 1 dari 3 soal dibawah ini

Soal No. 1

Sehubungan dengan tindakan PT Angin Laut yang tidak lagi melakukan kewajiban pembayarannya kepada Bank, maka Bank hendak mengajukan gugatan perdata terhadap PT Angin Laut dan untuk itu Bank menunjuk saudara sebagai kuasa hukum.

Berkaitan dengan hal di atas, maka saudara diminta untuk membuat:

a. SURAT KUASA dari Bank kepada Saudara untuk mengajukan gugatan perdata.

b. Gugatan perdata terhadap PT Angin Laut.

Beberapa fakta yang perlu saudara perhatikan adalah

1. Bahwa kerugian yang dialami Bank akibat tindakan PT Angin Laut yang tidak memenuhi pembayaran adalah sebesar 14.120.000.000, yang meliputi hutang pokok sebesar 14 miliar rupiah dan bunga sebesar 120 juta.

2. Bahwa untuk menjamin pembayaran kewajiban PT Angin Laut dan supaya gugatan yang diajukan oleh Penggugat tidak sia-sia, maka Bank ingin melakukan sita jaminan terhadap harta kekayaan tergugat.

Soal No. 2

Jika dalam Perjanjian Kredit No. 1 tertanggal 5 Januari 2003 tersebut terdapat KLAUSUL ARBITRASE yang mensyaratkan bahwa semua sengketa yang timbul akibat Perjanjian Kredit akan diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) dan Bank berkeinginan untuk menyelesaikan sengketanya ke BANI. Untuk hal tersebut saudara sebagai kuasa hukum dari Bank diminta untuk membuat:

a. SURAT KUASA dari Bank kepada saudara untuk mengajukan PERMOHONAN ARBITRASE

b. Permohonan Arbitrase yang ditujukan kepada BANI.


Responses

  1. Semoga informasi ini bisa membantu bagi rekan-rekan terutama saya pribadi untuk menghadapi UPA yang tinggal hitungan hari.

    Untuk belajar bersama mungkin saya bisa intensif dengan rekan-rekan yang berminat satu minggu menjelang UPA. Thank’s atas partisipasi dan kunjungannya. Semoga bermanfaat.

  2. selamat belajar dan smeoga sukses yaa

  3. Siap Pak! Terima kasih, smoga saya bisa segera menyusul menjadi Advokat. He,,,

  4. smg saya juga bisa mengukuti jejak karier pak budi ya…
    salam_

  5. Dengan berlatih membuat soal sendiri dan jawab sendiri, kemudian coba dikoreksi oleh teman.

  6. asslkum,bang gimna khbarnya baikkan.?Bang kira-kira soal yang berkaitan dengan soal esai penyelesian sengketa dalam bentuk apa? Saoalnya ini soal model baru yang belum jelas bentuknya gimana? Salam ya bang…

  7. terima kasih atas contoh soal essay nya…
    saya uda mengikuti ujian 3 kali tidak lulus..
    mohon doanya agar bisa lolos kali ini…ini yang ke 4 kalinya pada 6 desember 2008 nanti..

    an.eka (pontianak-kalimantan barat)

  8. ikut gabung ya…n salam kenal….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: