Oleh: budiyana | Desember 6, 2007

Strategi Lulus UPA

Menjelang UPA 2007 yang tinggal kurang lebih 2 x 24 jam tentu membuat sebagian besar calon peserta UPA deg-degan. Bagi saya pribadi gejala-gejalanya mirip terkena virus Flu Burung, he. Tapi apa boleh buat siap tidak siap tempat, waktu, dan jam pertandingan telah di tentukan jadi harus dihadapi dengan penuh semangat juang apapun hasilnya yang penting sudah berusaha semaksimal mungkin.

Saat-saat seperti ini mungkin kebutuhannya adalah sedikit strategi (tidak bermaksud menasehati lho,,,,). Perlu diperhatikan bahwa pada Ujian Pilihan Ganda jumlah soal sebanyak 120 dan kita disediakan waktu 2 jam (120 menit), artinya kita membaca soal, berpikir mana pilihan yang benar antara a,b,c, dan d dan melingkarinya dengan pensil jenis 2B waktu yang disediakan hanya 1 menit. Jadi aturlah baik-baik strategi menjawab dari sekarang.

Menurut saya dapat digunakan sistem target, mirip UMPTN atau SPMB. Untuk lulus kita tidak perlu menghapal semua materi tapi cukup materi-materi yang kita kuasai dan mudah bagi kita untuk menguasainya dalam waktu singkat. Tentu masing-masing dari kita memiliki minat masing-masing. Misal target sesuai Buku Pedoman UPA 2007 adalah 75 soal benar dari 120 soal.

Klo soal Hukum Acara Pidana dan Perdata masing-masing 30 soal, jadi totalnya 60 soal itu sudah cukup lumayan buat tabungan kelulusan bila kita mampu menjawab benar (Tidak Harus semua, tapi maksimalin aja di sini). Sisanya kita ambil dari materi seperti Kode Etik (20 soal), Peran Fungsi Organisasi Advokat (10 soal, dan 3 Mata Uji Lainnya masing-masing 10 soal. Ini pandangan saya berdasarkan komposisi soal UPA sebelumnya. (asumsi komposisi soal adalah benar!!!).

Selanjutnya tinggal menambah nilai pada ujian esay. Bagaimana strateginya?

Untuk esay, waktu yang disediakan 1,5 jam (90 menit). Artinya, bila soal tentang membuat surat kuasa dan surat gugat keluar, dan kita memilih untuk mengerjakan soal itu, maka untuk membuat surat kuasa khusus dengan kecepatan penulisan sedang, saya pribadi setelah 3x mencobanya memerlukan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan untuk membuat surat gugat memerlukan waktu sekitar 60 menit. Cukup mepet bagi saya, disini mungkin strateginya adalah pemilihan kata-kata yang tepat, dan hindari kesalahan penulisan.

Misal dalam penulisan surat gugat:

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Budiyana, SH, advokat pada Kantor Hukum BUDIYANA & PARTNER, beralamat kantor di Gedung Juang 45 Jalan Ir. Juanda No. 34, Jakarta Pusat yang dalam hal ini bertindak selaku kuasa untuk dan atas nama PT Angin-Anginan, berkedudukan dan beralamat kantor di Jalan Simatupang No. 2 Jakarta Pusat, berdasarkan Surat Kuasa Khusus tanggal 6 Desember 2007 (Surat Kuasa Kusus Terlampir), selanjutnya disebut PENGGUGAT.

Penulisan tersebut lebih singkat dibandingkan misalnya ada yang menuliskan seperti ini: ……..untuk dan atas nama PT Angin-Anginan, berkedudukan dan beralamat kantor di Jalan Simatupang No. 2 Jakarta Pusat, berdasarkan surat kuasa khusus dari MARADONA sebagai Direktur Utama PT Angin-Anginan tertanggal 6 Desember 2007,…..

Selanjutnya, kita tidak tahu berapa lembar kertas yang disediakan panitia untuk mengerjakan soal esay ini. Hitung-hitungan saya diperlukan 5 lembar: 2 lembar untuk surat kuasa khusus dan 3 lembar untuk surat gugat. Namun bisa saja panitia hanya menyediakan 3 lembar: asumsi 1 lembar surat kuasa, dan 2 lembar surat gugat. Jadi bagi yang tulisan tangannya ukuran Font 14 seperti saya, harus siap-siap berlatih menulis tangan ukuran huruf Font 10 atau 8 kira-kira begitu lah, he. Atau bisa juga menghemat kata-kata, tetapi efektif dan tepat sasaran.

Demikialah kira-kira, strategi yang akan saya lakukan dan mudah-mudahan berhasil sebab selain usaha yang telah kita lakukan ada faktor X yang menentukan kelulusan, yaitu pertolongan dan ridho Tuhan. Dan jangan lupa kesiapan alat tulisnya: Pensil 2B, Bolpoin, dll.

Selamat berjuang rekan-rekan dan semoga kita lulus serta menjadi advokat yang baik.


Responses

  1. semoga sukses yaa

  2. sukses bang , lam kenal yaa.. fresh graduated nee

  3. Terima kasih semuanya. Salam kenal juga Dhana,,kalo saya dapet soalnya pasti dishare dech…

  4. wuih….besok ne ujian nya…..
    gue nyari contoh soal belom dapet2 lagi. lagian baru 2 hari kemaren seh gue nyarinya :)
    tapi thanks banget neh… atas infonya, sedikit lega juga gue.
    ok deh boss c u there…..

  5. oke, juragan. doakan saya sukses. dan ane telah lulus, alhamdulilah…..

  6. smg aku bisa ya pak….
    trus gmmn nich pak…
    th ini sudah menjadi advocad yg handal khan….
    salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: