Oleh: budiyana | Agustus 22, 2008

Pro Bono Community

Hari Kamis, 21 Agustus 2008, saya diundang oleh seorang teman (advokat) untuk berdiskusi soal gagasan pembentukan pro bono community di Bandung. Pertemuan ini dihadiri oleh 7 orang advokat, dan diskusipun berkembang cukup menarik. Sesuai undangan, diskusi dimulai pada pukul 14.00-16.00 WIB bertempat di kantor Lembaga Advokasi Hak Anak (LAHA) di Jalan Demak, Antapani, Bandung.

Dalam diskusi tersebut, setidaknya kami sepakat tentang pemahaman bahwa bantuan hukum merupakan hak konstitusional dan hal ini merupakan tanggung jawab negara. Namun, membaca situasi hari ini dapat dikatakan negara belum banyak melakukan apa-apa. Kami juga sepaham bahwa di lain sisi ada kewajiban advokat untuk menjalankan bantuan hukum sesuai dengan UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Dengan demikian, bantuan hukum selain kewajiban negara juga merupakan bagian dari professional live seorang advokat.

Bertitik tolak dari pemahaman di atas, pertanyaan yang muncul adalah bagaimana mengembangkan jaringan kerja pro bono ini melalui inisiatif “pro bono community”? Pro bono community akan menjadi media kampanye, kajian kebijakan, pendidikan (capacity building), mengenai berbagai persoalan seputar bantuan hukum, dan penanganan kasus. Persoalannya kemudian adalah bagaimana me-manage hal ini dikaitkan dengan situasi bantuan hukum kekinian dan prospeknya ke depan di Indonesia?

Berdasarkan pengalaman kami dan penulusuran informasi dari internet, maka gagasan ini sebetulnya bukanlah barang baru. Ada banyak pengalaman dan informasi yang sudah di dapat, misal konsep POSBAKUM, Paralegal Developmentalisme, dan di luar misal IBA sudah ada probono internasional community, begitupun dengan perkembangan di negara-negara lain dengan berbagai variasi pengelolaannya. Bila kita men-searching pada mesin pencari kata “probono community”, maka muncul cukup banyak informasi di sana.

Dalam postingan ini saya mencoba men-share informasi sebagaimana dimaksud di atas dengan harapan bagi teman-teman yang peduli dengan bantuan hukum berkenan mencurahkan gagasan-gagasannya, dan sharing pengalaman juga tentunya. Informasi dari teman-teman yang peduli akan menjadi masukan berharga dalam pengembangan pro bono community ini kedepan.

Sebagai informasi, saat ini sudah berjalan diskusi rutin per dua minggu,  yang untuk sementara anggotanya adalah para advokat secara individual, yang concern pada bantuan hukum yang berasal dari Kantor Hukum, dan beberapa lembaga advokasi bantuan hukum di Bandung.

Setiap perkembangan informasi mengenai isu ini sedapat mungkin saya posting dalam blog ini, sebelum memiliki blog tersendiri tentunya. Tegur-sapa, masukan informasi, dan pendapat dari teman-teman sangat diharapkan dan sangat berharga. Terima kasih.

Salam

Budiyana


Responses

  1. Artikel yang cukup menarik. Saya harap anda dapat merealiasikan rencana anda untuk menulis tentang Pro Bono. Saya nantikan perkembangannya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: