Oleh: budiyana | Januari 23, 2009

The Spirit To Be Advocate

Menjadi advokat di Indonesia memang tidak mudah. Pasca berlakunya UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat, seseorang yang berkehendak menjadi advokat secara garis besar harus dapat melewati tahap-tahap sebagai berikut:

  1. Lulus Perguruan Tinggi Hukum;
  2. Mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA);
  3. Lulus Ujuan Profesi Advokat (UPA);
  4. Mengikuti Proses Magang, sekurang-kurangnya dua tahun berturut-turut pada Kantor Advokat atau Lembaga Bantuan Hukum yang dipersamakan dengan Kantor Advokat; dan
  5. Mengikuti pelantikan untuk diambil sumpah sebagai Advokat sekaligus sebagai akhir dari semua proses, yaitu tiba saatnya pengangkatan sebagai advokat oleh organisasi profesi advokat.

Bila dihitung rentang waktu secara normal dan semua tahapan dijalani  dengan lancar, maka setidaknya pasca lulus Perguruan Tinggi Hukum dibutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk seseorang berhak menjalankan profesi advokat di masyarakat. Rentang waktu ini mungkin dapat dipersingkat atau bahkan bisa lebih panjang, tergantung  ‘nasib’ dan dewi keberuntungan seseorang.

Saya sendiri saat ini sedang mengikuti tahap yang keempat, yaitu magang. Saya sudah hampir setengah jalan mengikuti magang dari yang disyaratkan berturut-turut selama dua tahun. Masih tersisa sekitar 15 bulan lagi (1 tahun lebih 3 bulan) untuk dapat memenuhi syarat waktu ini. Berat? tetapi itulah fakta dan konsekuensi yang harus diterima oleh seorang calon advokat.

Pada tahap inilah kembali saya merenungkan dan coba mem-posting-kannya disini bahwa sebelum dapat menjalankan profesi advokat yang sesungguhnya kelak, maka semangat (spirit) sang calon advokat harus teruji. Teruji dalam berbagai hal, dan semangat serta keyakinan harus tetap terjaga bahkan harus semakin kuat. Mengapa?

Bila direfleksi ke belakang, maka tahap magang ini merupakan tahapan yang terberat. Selain rentang waktu (syarat waktu) yang harus dipenuhi, juga syarat perkara wajib dijalani. Disini lah keyakinan calon advokat diuji.


Responses

  1. saya baru akan mengikuti pendidikan,mohon informasi dan bantuannya,apakah ujian profesi advokad susah lulusnya????saya sedang bimbang apakah jadi mengikuti pendidikan apa tidak,mohon masukannya…

    • @Anant
      Selamat berjuang Anant. Menurut saya asal persiapannya cukup,,lulus ko’. Mungkin strategi lulus UPA yang saya posting bisa membantu. Terimakasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: