Pendokumentasian Hukum

Ternyata pendokumentasian hukum atau legal documentation itu sangatlah penting untuk pendidikan dan praktik hukum, baik untuk kepentingan litigasi maupun non-litigasi. Walah!

Secara sederhana mungkin dapat dideskripsikan seperti ini. Semasa kuliah di fakultas hukum (S1), kita mendapatkan berbagai materi ilmu hukum sekitar 50-an lebih mata kuliah dengan bobot sekitar 145-an SKS. Bila materi kuliah tersebut kita catat dan copy-an bahannya kita dokumentasikan secara baik dan benar untuk kepentingan praktik kelak setelah lulus tentu akan sangat berguna dan membantu.Benarkan?

Persoalannya adalah, setidaknya buat saya, belum menemukan standar atau tips-tips pendokumentasian hukum yang baik dan benar itu seperti apa yang sesuai dengan kebutuhanlah bahasanya (atau yang gue banget gt!!!). Mungkin disini kita dapat memulai untuk sharing informasinya.

Sebagai TOR, pendokumentasian kata dasarnya dari ‘dokumen’ yang berarti sebuah tulisan yang memuat informasi. Biasanya, dokumen ditulis di kertas dan informasinya ditulis memakai tinta baik memakai tangan atau memakai media elektronik (seperti printer). Jaman sekarang, media elektronik seperti komputer juga bisa dipakai untuk menyimpan dan menampilkan dokumen, sebagai contoh sebuah komputer pribadi dengan sebuah monitor/layar komputer, sebuah laptop/komputer portabel dan sebuah Personal Digital Assistant (http://id.wikipedia.org/wiki/Dokumen).

Dengan mengacu pada pengertian dokumen tersebut, maka pendokumentasian hukum dapat diartikan secara sederhana proses atau kegiatan ‘menuliskan’ infomasi hukum. Ada dua rumusan permasalahan dengan sub-nya yang penting disini, yaitu:
1. Bagaimana pendokumentasian hukum yang baik dan benar (yang gw banget!!!) dalam hal dokumen tersebut harus ditulis tangan ataupun menggunakan komputer misalnya?

2. Bagamana pendokumentasian hukum yang baik dan benar dalam hal dokumen tersebut merupakan dokumen elektronik?

Responses

  1. halo bang budi,

    salam kenal sebelumnya. saya bisa sampai kemari setelah link dari website unila bang. hehe…keren nih alumnus Unila juga go to blog :-)

    itu saja dulu dari saya. tetap semangat menulis dan berkarya!!

    salam,
    eriek

  2. Salam kenal juga Eriek. Harapannya, Blog ini menjadi trigger bagi teman-teman FH-Unila. Meski diakui belum maksimal, setidaknya media ini jadi salah satu media bagi kita untuk share informasi khususnya issue2 di bidang hukum. Sekali lagi salam kenal dan Viva Justicia!!!

  3. mau nanya nih, tau ga alamat2 IKADIN, IPHI, HAPI, AKHI, AAI, SPI, HKHPM, dan APSI
    kita mau ada worshop dan ingin mengundang mereka sebagai peserta

    salam
    fay

  4. Fay,coba aja kunjungi situs web site mereka dan ada contactnya disana. Setau saya, AAI,HKHPM, dan IKADIN sudah ada webnya.

    Tanks

  5. Salam kenal bang, Oya, klo ada waktu kunjungi ya situs komunitas blogger lampung (klo bisa sih ikutan)

    alamatnya di http://www.seruit.com

    saya juga dari Unila

  6. mau nanya nih..kapan keluarnya pengumuman yang lulus ujian advocat? tanggal 8 desember 2007 kemaren mas.. uda gak sabar nih,, jadi nya gw hhc tiap hari, kasih tau dong?..

  7. Sama Mas, saya juga sudah tidak sabar niy.
    Informasi yang saya terima, Panitia UPA 2007 akan mengumumkan hasil UPA 8 Desember 2007 lalu pada hari Jum’at 25 Januari 2008. So,,kita tunggu ajah kira-kira 48 jam lagi. he,,

  8. salam kenal juga, temenya eriek neh, eh iya mampir ke seruit.com, jangan lupa ikut registrasi he he he

  9. Ass Wr Wb..
    salam kenal, buat mas budi…
    mudah2an jadi advocat yang sukses, yang perlu diingat tidak banyak advocat yang mau membela masyarakat kecil yang tertindas dan awam dengan hukum… apalagi miskin dan tidak mampu membayar. sementara advocat seperti dua sisi mata pedang yang bisa membela yang benar maupun yang salah….
    tetapkan niat kerja karena mengharap ridho Allah SWT.
    Zul Arif – Batam

  10. Terimakasih rekan Zul Arif atas kunjungannya. Saya hanya mengerjakan apa yang saya bisa kerjakan saja saat ini.

  11. Mas Budi yang baek..

    boleh bikinkan contoh/draft surat kuasa substitusi, misalkan saya seorang PNS yang diberikuasa mengurus sesuatu terus karena keterbatasan saya saya harus mensubstitusikan kuasa saya kepada lawyer/advocat.
    kalau tidak keberatan email saya joe_iip33@yahoo.com
    Hp. 08117001777 atau
    Telp. 07787042009

    mudah2an bisa copydarat di Batam.\
    Tq. so musch
    Zul Arif

  12. aku ingin pintar,dan menjadi yg terbaik

  13. ude tu

  14. hallo

  15. salam kenal, buat rekan- rekan di seluruh Indonesia,

  16. hallo,,
    maau kenalan aja , sms ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: